WOW.. AJAIB DAN MENAKJUBKAN...!!! Manfaat UBI UNGU Sangat MENGGEMPARKAN Dunia Kesehatan ,Karena UBI UNGU Mampu Mengatasi RIBUAN Jenis Penyakit , Termasuk PENYAKIT BERAT DAN MEMATIKAN...!!! ((( bantu share ya guys ))) Berikut Infonya..


Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan Badan

Ubi ungu sangatlah lezat terlebih dikonsumsi dalam keadaan yang masih hangat. Beberapa orang masih tetap berasumsi bila ubi ungu yaitu makanan kampung. Sekarang ini, ubi ungu tidak cuma bisa di proses jadi panganan tradisional saja, lho. Namun juga di buat jadi bermacam makanan yang lebih moderen seperti puding ubi ungu, nasi ubi ungu, serta brownies ubi ungu.

Kandungan Nutrisi Ubi Ungu

- Cu (tembaga)
- lisin
- K (kalium)
- Mg (magnesium)
- Zn (seng)
- Karbohidrat
- Kalori
- Vitamin C
- Vitamin A
- Thiamin (vitamin B1)
- Riboflavin
- Zat besi
- Fosfor
- Protein
- Serat
- Lemak
- Abu
- Antosianin

Kandungan lisin, Cu, Mg, Zn, serta K dalam ubi ungu rata-rata 20%. Sedang untuk antosianin atau pigmen warna ungu kandungannya berbeda-beda pada tanaman ubi yang satu dengan yang lainnya. Namun berkisar antara 20 mg/100 g s/d 600 mg/100 g berat basah.

Nah, selain berguna untuk membuat bermacam olahan makanan, nyatanya ubi ungu juga menyimpan manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Apa saja? Berikut ini diantaranya :

1. Menyehatkan jantung

Ubi ungu memiliki kandungan zat antosianin yang bermanfaat juga sebagai antioksidan dan melindungi tubuh kita dari kerusakan hati, menghindarkan kita terkena serangan jantung dan stroke.

2. Sumber vitamin A

Kandungan vitamin A serta beta karoten dalam ubi ungu tergolong tinggi. Vitamin A berguna dalam melindungi mata tetap sehat. Bagus juga untuk kesehatan kulit serta tulang. Kandungan betakaroten dalam ubi ungu bakal dirubah menjadi vitamin A dalam tubuh kita. Serta betakaroten yang sudah dirubah jadi vitamn A menyediakan 200% kebutuhan vitamin A badan dalam sehari. Selain dari ubi ungu, betakaroten juga bisa didapat dari sayuran atau buah-buahan yang mempunyai warna oranye, hijau, kuning, serta ungu.

3. Kandungan vitamin C, E, dan beta karoten tinggi

Ketiga nutrisi yang terdapat dalam ubi ungu ini berguna untuk mencegah penyakit kardiovaskuler. Ubi bisa memasok vitamin C yang diperlukan oleh badan lantaran dalam ubi itu bisa memenuhi hingga 66% keperluan vitamin C harian kita. Selain itu ubi mempunyai serat yang melimpah. Apabila kita megkonsumsi ubi bersama dengan kulitnya bisa berikan serat semakin banyak jika di banding dengan satu porsi oatmeal.

4. Melancarkan peredaran darah

Yang berperan dalam memperlancar peredaran darah di tubuh yaitu pigmen warna ungu yang terdapat didalam ubi ungu itu. Pigmen warna ungu yang mewarnai pada daging ubi ungu diberi nama dengan antosianin. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, antosianin berperan juga sebagai antioksidan yang bisa menyerap polusi udara. Jadi pembekuan darah juga tidak akan terjadi serta peredaran darah dalam tubuh kita menjadi lancar.

5. Membuat pencernaan jadi lancar

Apakah kandungan dalam ubi ungu yang bisa memperlancar pencernaan? Jawabannya yaitu ada kandungan serat serta pectin. Keduanya bertindak dalam menjaga pencernaan serta sistem dalam saluran cerna tetap baik. Hingga kita bakal terhindar dari beragam masalah pencernaan seperti wasir, sembelit, bahkan hingga kanker.

6. Baik untuk penderita diabetes

Seperti kita ketahui bahwa pasien diabetes mesti menjaga asupan makanan, menghindari makanan yang manis, termasuk membatasi mengkonsumsi nasi. Sebagai penggantinya, beberapa penderita diabetes bisa memakai ubi ungu itu. Rasa yang agak manis, terus enak juga sebagai pengganti nasi. Ubi ungu ataupun kuning baik untuk penderita diabetes karena ubi memiliki tingkat glycemic index atau GI yang lebih sedikit dari roti atau nasi. Angka GI menunjukkan cepat lambatnya satu makanan dalam menambah konsentrasi gula darah dalam tubuh. Lantaran efeknya pada gula darah yang cukup kecil, jadi ubi ungu itu yaitu pilihan yang paling baik untuk beberapa orang yang menderita penyakit diabetes.

Pada suatu riset yang diselenggarakan oleh University of Vienna, Austria, menunjukkan bahwa orang dengan diabetes mellitus type 2 yang makan ubi dalam jumlah banyak, menunjukkan pengurangan terbesar resistensi insulin.

7. Sumber karbohidrat

Ubi ungu mengandung karbohidrat yang tinggi hingga bisa menggantikan nasi. Warna yang cantik, ungu, bisa digunakan juga sebagai bahan untuk pewarna makanan.

8. Anti bakteri

Aktivitas anti bakteri ubi ungu mencapai 3, 2 kali lebih tinggi dibandingkan berbagai type blueberry.

9. Mengatasi Asma

Penyakit asma memanglah tidak dapat disembuhkan total, walau demikian kita bisa mencegah asma yang kerap kambuh dengan teratur mengkonsumsi ubi ungu. Asma terjadi lantaran organ paru yang sulit mengembang. Dengan makan ubi ungu dengan teratur, jadi asma tidak akan sering kambuh lagi.

10. Rendah kalori

Ubi ungu maupun ubi kuning yang memunyai 112 kalori tanpa lemak serta cholesterol, juga kandungan natrium yang sedikit. Langkah pemrosesan ubi ungu yang di rebus atau dikukus trsebut bakal membuanya terasa manis akan tetapi kalorinya tetap rendah.

11. Tambah bobot badan

Ubi ungu yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks serta mempunyai rasa manis bisa membantu menambah bobot badan kita. Tentu bukan hanya konsumsi ubi ungu dengan teratur saja, tetapi juga dibarengi dengan latihan serta berolahraga. Maka otot-otot bisa terbentuk.

12. Anti kanker

Ubi ungu dengan aktivitas antioksidan 2, 5 kali lebih tinggi dibanding dengan bermacam type blueberry tentu bisa mengendalikan sel kanker dalam tubuh. Selain itu, kandungan zat selenium serta iodine dalam ubi ungu itu 20 kali lebih tinggi bila dibandingkan dengan type ubi yang lain. Jadi bisa berguna juga sebagai anti kanker.

Artikel trendingtopicstation Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Scroll to top