MasyaAllah, Inilah yang Harus Di Lakukan Seorang Suami Jika Istri Berbuat Salah

Reportase Terkini - Maafkanlah kesalahannya dan cela perbuatan buruknya dengan wajar. Jangan menjadi pendendam, setiap insan bisa berbuat salah, maafkan istri Anda bila ia melakukan kesalahan, tapi hukum dia dan celalah perbuatanya yang buruk, agar ia tidak mengulanginya lagi. Ini akan melanggengkan hubungan rumah tangga kalian berdua.



Terutama hal-hal yang menyangkut kesalahannya kepada Allah Swt. seperti menunda shalat dan lain-lain. Lihatlah kesalahannya yang fatal saja, jangan mengungki-ungkit kesalahannya yang kecil. Maafkan kesalahannya, tetapi beritahu dia, bahwa perhitungannya terserah Allah.

Ingat-ingatlah perbuatan baik istri Anda, ketika dia melakukan kesalahan. Dan camkanlah, bahwa setiap manusia bisa berbuat salah, oleh karena itu carilah selalu alasan untuk memaafkannya, seperti misalnya, mungkin ia lelah, sedih atau sedang labil karen datang bulan, atau komitmennya kepada Islam sedang dalam pertumbuhan atau alasan-alasan masuk akal lainnya.

Jangan sekali-kali melontarkan celaan, karena masakannya yang kurang enak, sebagaimana Rasulullah Saw. tak pernah sekalipun mencela seorang pun dari istri-istri beliau karena masalah ini. Jika menyukai masakan yang dihidangkan sang istri, beliau memakannya dan jika tak berselera, beliau tak menyantapnya dan tak memberikan komentar sama sekali.

Sebelum Anda menyatakan bahwa istri Anda tercinta melakukan kesalahan, cobalah pendekatan lain yang tidak langsung yang mungkin akan lebih efektif daripada teguran langsung. Hindari penggunaan sindiran dan kata-kata sarkasme yang mungkin dapat melukai persaannya.

Bila musyawarah dan diskusi untuk membicarakan kesalahan istri Anda dianggap jadi solusi terbaik, cari waktu yang tepat dan tunggu sampai Anda bisa menjaga privasi dari keberadaan pihak ketiga yang tidak berkepentingan.
Tunggulah sejenak dan bersabarlah sampai kemarahan Anda mereda. Ini sangat membantu dalam mengontrol ucapan Anda karena biasanya orang yang sedang marah, ucapannya jadi tak terkendali. [reportaseterkini]

Artikel trendingtopicstation Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Scroll to top