WAJIB ANDA KETAHUI..!!! BERIKUT 10 FAKTOR PENTING YANG DAPAT MEMPENGARUHI RESIKO PENYAKIT ** STROKE ** HINGGA 90 %...


Terdapat beberapa factor kemungkinan yang dapat menyebabkan stroke. Tetapi riset terbaru mengelompokkan 10 aspek resiko yang jika dijauhi dapat kurangi resiko sampai 90 %.

Diambil dari Dailymail, Sabtu (19/6/2010), kesepuluh aspek itu teridentifikasi waktu peneliti dari McMaster University mempelajari 3. 000 pasien stroke. Pola hidup beberapa pasien dibanding dengan 3. 000 orang sehat sebagai kontrol.

Hasil penilaian menunjukkan, 5 aspek resiko yang pertama bertindak dalam 80 % masalah stroke pada pasien. Kelimanya adalah

1. Tekanan darah tinggi
2. Rokok
3. Lemak di perut
4. Diet yang tidak sehat
5. Kurang olah raga.

Ketika ditambahkan 5 faktor berikutnya, resiko stroke bertambah menjadi 90 %. Lima aspek yang ke-2 adalah

1. Diabetes
2. Konsumsi alkohol berlebih
3. Stres atau depresi
4. Gangguan jantung
5. Apolipoprotein

Dengan ditemukannya kesepuluh faktor tersebut, intervensi yang mentargetkan tekanan darah rendah serta rutinitas merokok menyusut, berolahraga teratur dan diet yang sehat bisa kurangi resiko stroke secara substansial, ” ungkap Dr Martin O’Donnell yang ikut serta dalam riset ini.

Stroke terjadi saat otak kekurangan oksigen. Type yang paling umum yaitu stroke iskhemik, yang berlangsung saat gumpalan darah menghalangi aliran darah ke otak. Bisa juga  dipicu oleh pecahnya pembuluh darah, yang menyebabkan pendarahan di otak (stroke hemoraghi).

Dari semua faktor resiko, tekanan darah tinggi adalah faktor paling utama, yang mengakibatkan sepertiga masalah stroke. Dibanding orang normal, penderita tekanan darah tinggi 2, 5 kali lebih berisiko terserang stroke.

Artikel trendingtopicstation Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Scroll to top