Spesifikasi Mobil Rio Haryanto di Manor Racing

Manor Racing resmi memperkenalkan mobil baru di sirkuit Catalunya, Barcelona, Senin (22/2/2016) kemarin. Manor Racing merilis Manor MRT05 yang bakal menjadi geberan pembalap Indonesia, Rio Haryanto dan pembalap asal Jerman, Pascal Wehrlein di balapan F1 2016.
Terdapat sejumlah perbedaan di mobil baru dibanding pendahulunya, Manor M03B. Salah satu yang mencolok adalah, Manor kini memakai mesin pabrikan asal Jerman, Mercedes Benz setelah dua musim menggunakan mesin Ferrari. Musim ini, MRT05 menggunakan dapur pacu Mercedez PU106C Hybrid Turbo 1.6 L V6.

Sesuai regulasi F1 yang mengusung mesin hybrid (kombinasi antara mesin listrik dan mekanik), MRT05 juga dilengkapi motor elektrik Motor Generator Unit. MRT05 ini juga mengaplikasikan gearbox (rumah transmisi) semi otomatis buatan Williams dengan 8 percepatan dan satu gigi mundur. Di mobil MRT05 terdapat dua komponen Williams yaitu suspensi belakang dan girboks. Sedangkan,
Perangkat tersebut dipasangkan di atas sasis buatan Manor berbahan dasar komposit dengan tulang penyangga model 'sarang lebah'. Penggunaan sasis dari bahan serat karbon membuat bobot mobil kurang dari satu ton. Dilansir dari situs resmi Manor, mobil ini hanya memiliki berat 702 kg.


Dengan spek baru, MRT05 memiliki 750 hingga 850 tenaga kuda di putaran 15.000 rpm. Tenaga ini bisa bisa bertambah dengan bantuan motor elektrik yang ditanamkan pada mobil. Dimensi keselurahan, MRT05 memiliki panjang 500 cm dengan lebar 179 cm dan tinggi 37 cm.
MRT05 telah turun lintasan pada uji coba di sirkuit Catalunya Barcelona. Pembalap Manor, Pascal Wehrlein mendapat kesempatan pertama kali untuk menggeber mobil baru. Dalam sesi uji coba ini, Wehrlein berada di posisi 10 dalam daftar 11 pembalap di sesi tes pertama hari kedua di sirkuit Catalunya, Spanyol. Tentu, catatan ini menjadi pekerjaan rumah bagi Manor jelang balapan perdana di GP Australia di Melbourne, (20/3/2016) mendatang.
Dalam sesi tes pertama, perbedaan waktu Manor MRT05 dengan pembalap tercepat, Sebastian Vettel—pembalap Scuderia Ferrari—terpaut jauh, lima detik. Wehrlein mengantongi waktu terbaik 1 menit 29.591 detik sementara Vettel membukukan waktu 1 menit 24,939 detik dalam 30 lap. Rencananya, Rio bakal menguji mobil ini di sesi tes hari ketiga pada Rabu (24/2/2016) besok. Namun kabar terbaru menyebutkan, Rio akan menjalani tes lebih cepat di hari kedua atau beberapa jam lagi.

Artikel trendingtopicstation Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Scroll to top