Persib vs Arema, Perang Balkan di Pulau Dewata


Duel antara Persib Bandung dan Arema Cronus di Stadion I Wayan Dipta, Selasa (23/2) pukul 17.00 WIB, bakal menjadi ajang pertaruhan reputasi dua pelatih anyar, Dejan Antonic dan Milomir Seslija.

Kedua pelatih asal negeri Balkan ini bersiap meracik strategi terbaik demi merebut trofi bergengsi: Bali Island Cup 2015. Tak pelak, pertarungan ini ibarat pertempuran Balkan yang berpindah di Pulau Dewata.

Persib di satu sisi, dilatih ekspatriat asal Serbia, sedangkan Arema akan diarsiteki pelatih asal Bosnia. Dua negara itu memang pernah berseteru pada Perang Balkan yang berlangsung selama beberapa kali, terakhir pada awal 1990-an.

Lengkap sudah rivalitas antara Arema dan Persib, dua pasukan biru di kompetisi Tanah Air ini. Menarik pula untuk mengamati filosofi permainan khas Eropa Timur dari dua juru taktik itu di lapangan hijau.

Dejan maupun Milomir memang dikenal sebagai pelatih yang punya selera permainan cepat di timnya. Serangan agresif sekaligus bertumpu pada serangan mendadak mulai dari sisi depan, menjadi ciri khas permainan dari kedua tim itu.

Pola 4-3-3 tentu menjadi pilihan ideal untuk memperkuat daya dobrak, disamping skema 4-2-3-1 yang yang menjadi referensi lainnya.

Dejan misalnya, juga bertumpu pada penguatan serangan di lini sayap. Beberapa pemain dengan gaya permainan cepat dan umpan-umpan akurat juga diboyongnya ke Persib. Sebut saja di antaranya, Kim Jeffrey Kurniawan, David Laly, dan Rachmad Hidayat.

Keputusan itu dilakukan demi menambah variasi serangan Persib. Samsul yang bertipe pemain cepat juga didatangkan dari Arema.

Begitu pula dengan penyerang asal Persipura, Ricky Kayame, juga didatangkan demi memperkuat barisan depan. Kemungkinan, Ricky akan dicoba kemampuannya pada laga menghadapi "Singo Edan".

"Ricky Kayame belum jadi inti nanti, tapi babak kedua dia punya kesempatan. Karena ini pertama gabung dengan Persib, jika langsung main tidak bagus, kita lihat step by step," kata Dejan, seperti dikutip situs resmi Persib, Senin (22/2).

Ditinggal Samsul, Milomir ogah putus asa. Masih ada Antoni Putro Nugroho yang juga akan dicoba sekali lagi untuk dimainkan menghadapi Persib.

Saat mengalahkan PSS Sleman 5-2, Antoni mencetak satu gol ke gawang tim asal Jawa Tengah itu. Sedangkan tiga gol sukses ditorehkan Cristian Gonzales.

Milo, sapaan akrabnya, kemungkinan pula akan memainkan strategi menyerang untuk mendobrak pertahanan Persib. Meski demikian, ia juga tak akan gegabah untuk bermain terlalu terbuka menghadapi Persib yang dikenal cukup tangguh dari lini belakang hingga depan.

Sebagai pelatih yang cukup fanatik dengan permainan cepat dan kuat, kebugaran pemain tentu menjadi hal utama. Milomir pun sudah menggodok fisik pemainnya di laga kali ini.

Bicara soal prestasi, Dejan memiliki reputasi yang cukup baik saat masih bersama Pelita Bandung Raya. Mantan pelatih Kitchee FC itu pun mengantarkan tim yang sebelumnya tidak diperhitungkan, tembus ke semifinal Indonesia Super League (ISL) 2014.

Sedangkan Milo memang belum membuktikan hasil dari racikannya. ISL musim lalu keburu dihentikan akibat konflik PSSI dengan Kemenpora RI, saat ia baru menangani Barito Putera.

Perkiraan Skuat Inti 
Persib (4-3-3)
I Made Wirawan; Tony Sucipto, Vladimir Vujovic, Purwaka Yudi, Dias Angga; Hariono, Kim Jeffrey, Rachmad Hidayat; Atep, Samsul Arif, Tantan

Arema (4-3-3)
I Made Wardana; Alfarizi, Hamka Hamzah, Hasyim Kipuw, Kiko Insa; Dendi, Maitimo, Lopicic; Vizcarra, Antoni, Gonzales

Artikel trendingtopicstation Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Scroll to top