MENGERIKAN.!! BEGINILAH SUASANA WARGA DI JAWA SAAT GERHANA MATAHARI TOTAL 1983

Gerhana matahari keseluruhan paling akhir kali menegur Indonesia pada 11 Juni 1983. Rutenya mencakup Makassar, Kendari, Papua, serta beberapa kota di Pulau Jawa seperti Yogyakarta, Semarang, Solo, Kudus, Madiun, Kediri, serta Surabaya. Pada saat itu, hadirnya gerhana matahari keseluruhan bikin kuatir orang-orang Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Tidak sama jauh dengan keadaan sekarang ini, pemerintah sampai warga gegap gempita menyongsong datangnya gerhana matahari pada 9 Maret 2016 yang akan datang.



Berdasar pada arsip yang dikilas balik Tim Citizen6, keresahan lantaran gerhana itu dikarenakan mitos yang menyelimuti orang-orang Jawa mengenai gerhana matahari. Mereka yakin gerhana matahari keseluruhan sebagai bentuk pengejawantahan pusat tata surya tengah dikonsumsi oleh makhluk jahat jelek rupa bernama Batara Saat.

Bila pada Maret 2016 kelak gerhana matahari keseluruhan hampiri Indonesia, dapat di pastikan warga bakal repot dengan kamera, selfie, video, serta lain sebagainya. Tetapi tak pada th. 1983, warga bahu membahu menggagalkan usaha Saat. Mereka riuh menabuh kentongan, kaleng kosong, perkakas dapur, sampai lesung.

Seperti yang dihadapi oleh Sumarsono, tukang becak di Semarang asli Demak, Jawa Tengah. Lelaki ini bahkan juga nekat pulang ke desanya cuma membuat perlindungan sepetak sawah punya keluarganya. Sebab, Batara Saat dipercaya akan mengonsumsi tanaman punya warga.

Menurut kepercayaan Sumarsono, waktu gerhana matahari berlangsung, warga sibuk

menyelamatkan ternak serta tanaman supaya tak ikut dikonsumsi Batara Saat. Pohon-pohon buah seperti pohon mangga serta kelapa mesti dipukul batangnya. " Sesaat tanaman sawah, seperti padi, jagung, ketela, serta palawija yang lain ditolong lewat cara disirami air, " ia menuturkan.

Dapat dipikirkan begitu menggemparkannya saat itu, ditambah minimnya info sekitar gerhana matahari. Hanya satu saluran tv yang ada saat itu yaitu TVRI. Pemerintah mengimbau pada warga tidak untuk melihat segera gerhana matahari keseluruhan.

Stasiun TVRI saat itu malah menayangkan berkali-kali tentang bahaya lihat GMT dengan cara segera. " Cuma satu langkah lihat gerhana dengan aman, lihatlah lewat monitor TVRI Anda, " seru TVRI bernada iklan, seperti diambil dari satu diantara surat berita terkenal di Indonesia.

Bukan sekedar itu, pada 1983 media itu juga melansir petinggi Gubernur Jawa Tengah, Ismail, turut memohon masyarakat selekasnya masuk ke tempat tinggal demikian terdengar sirene. Orang-orang disuruh tutup jendela, genteng, serta semua lubang yang sangat mungkin cahaya matahari masuk.

Sesaat di Surabaya serta Madura, pemerintah mengambil alih semua jimat yang diperjualbelikan warga dengan kepercayaan jimat itu dapat bikin orang bisa melhiat gerhana matahari keseluruhan dengan mata telanjang serta ditanggung akan tidak buta.

Masihlah ditulis dari media yang sama, seseorang ilmuwan bernama Prof. Dr. Bambang Hidayat mengecam tindakan pemerintah yang seakan-akan memperlakukan gerhana matahari sebagai bencana alam. Walau sebenarnya, gerhana matahari keseluruhan adalah gerhana paling aman untuk disaksikan dengan cara segera, asal tak kurun waktu yang lama.

Saat ini kehadiran gerhana matahari keseluruhan disambut bak putri cantik jelita parasnya. Bahkan juga diberitakan pemerintah setempat sudah mempersiapkan semuanya untuk menyongsong wisatawan yang diperkirakan bakal membanjiri Indonesia pada 9 Maret 2016. Bagaimanakah anda juga telah siap menyambutnya? liputan6-com

Artikel trendingtopicstation Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Scroll to top